Perbedaan Iklan Organik dan Ads

Mungkin teman-teman banyak yang belum tahu kalau dalam iklan di Internet ada 2 macam, yaitu cara organik dan Ads


iklan organik adalah iklan yang dibuat dengan posting ke Instagram, Facebook, Whatsapp atau sosmed lainnya dan yang melihat hanyalah orang yang sering melihat atau berinteraksi dengan kita. bisa Follower kita, Mutual friends FB, atau sesama save kontak di whatsapp.


sedangkan Iklan Ads adalah iklan yang kita lakukan dengan bekerjasama dengan Instagram dan Facebook untuk menayangkan iklan kita ke semua pengguna sosmed tersebut. saat ini ada sekitar 2 milyar penduduk Instagram dan Facebook. maka iklan kita bisa dilihat mereka semua dengan menggunakan versi Iklan Ads


yang belum tahu penampakan iklan ads, seperti dibawah ini ya contohnya. ada tulisan-tulisan "bersponsor" perhatikan di IG atau FB kalian, setiap 4 postingan pasti ada tipe iklan ini.

dari keduanya, mana yang lebih menguntungkan? kita akan bahas dari banyak sudut pandang ya

1. Kepercayaan Konsumen

dari sisi kepercayaan, iklan dengan organik lebih unggul dibandingkan Ads. mungkin Ads bisa menjangkau lebih banyak orang. namun kebanyakan orang itu belum tentu kenal anda, tidak tahu produk anda, mereka baru dengar anda, dll. sehingga iklan organik jauh lebih dipercaya oleh konsumen karena sebelumnya sudah mengenal dan tahu produk anda.

2. Jangkauan

jika membahas jangkauan iklan Ads jauh lebih unggul. rata-rata orang indonesia hanya memiliki max follower di angka 1000-5000 saat memulai usaha, jika sudah diatas 10.000 pasti usahanya sudah lama. sehingga diawal usaha jika menggunakan organik maka iklan kalian hanya dilihat max 1000-5000 orang yang jadi follower kalian.

namun dengan Ads, iklan kalian bisa dilihat 100rb-1 juta orang walau baru pertama kali jualan sehingga kemungkinan closing jualan kalian bisa lebih tinggi.

3. Target Iklan

jika jualan kalian pakaian anak muda dan orang di sosmed kalian orang tua. maka bisa dipastikan tidak bisa menjual dalam jumlah besar karena segmentnya berbeda dengan produk. 

tapi jika iklan dengan Ads kalian bisa mengatur siapa saja yang melihat iklan kalian. baik itu usia, jenis kelamin, alamat, hobby, HPnya apa, dll sehingga iklan kalian bisa benar-benar tepat sasaran.

disini iklan ads jauh lebih unggul daripada iklan organik.

4. Follow Up Iklan

jika kalian iklan organik dengan posting di instagram atau facebook, sekali kalian posting maka sekali itu juga orang melihat iklan kalian. sehingga apabila ada orang tertarik dan ingin belinya nanti-nanti dulu, akan banyak orang yang kelupaan membeli. karena sudah tidak lihat iklan kalian lagi.

sedangkan iklan Ads, bisa mengetahui mana saja orang yang tertarik dengan iklan kalian, lalu iklan itu akan muncul di beranda orang tersebut sampai orang itu memutuskan beli atau tidak. oleh karena jika kalian memperhatikan iklan ads di IG or FB, pasti akan sering muncul iklan yang sama bukan?


lalu apakah bisa kelamahan 2 tipe iklan itu diperbaiki?
yes, bisa

untuk Iklan organik yang ingin mendapatkan kepercayaan tinggi namun terkendala jangkauan dan target iklan, maka kalian bisa membayar jasa endorse yang memiliki follower yang spesifik dan banyak. contoh jika ingin segmen muda-muda maka bayar Ria Ricis, jika segment produk sudah berkeluarga ke Baim Wong dll.

tidak harus yang skalanya besar banget, yang lebih kecilpun juga efektif kog, yang penting penentuan segmennya benar.

lalu bagaimana dengan Iklan ads?
kalau iklan ads yang terkendala kepercayaan, solusinya dengan mempelajari hipnoselling atau Copywriting. yaitu menggunakan kata-kata yang bisa menghipnotis pembaca Iklan kalian, sehingga membuat mereka percaya dengan iklan kalian dalam waktu singkat.

namun untuk mengoptimalkan 2 iklan ini sangat disarankan untuk mempelajari step-stepnya dari mastah/ ahlinya masing-masing. salah satunya Nico Julius untuk iklan Ads. dan untuk iklan organtik bisa belajar pada mas Latif Setiawan. dimana keduanya merupakan mastah dalam bidangnya dan terbukti menghasilkan milyaran rupiah.

untuk link belajar dengan mas latif setiawan untuk Iklan Organik bisa KLIK DISINI
sedangkan untuk belajar iklan dengan Nico Julius bisa KLIK DISINI

bingung pilih yang mana?

begini cara memilihnya?
1. Sesuaikan Budget
iklan organik yang membayar Endorse tentu akan lebih mahal, karena harga Endorse sendiri paling murah 200rb-1jt an. belum kasih produk, persiapan suting, dll.jadi kalo budget kalian terbatas disarankan belajar ads, karena 10-20rb kalian sudah bisa melakukan iklan ads di facebook dan Instagram.

2. Sesuaikan Produk
jika produk kalian bukan produk sensitif yang tidak memerlukan penilaian orang lain seperti chasing hp atau kaos BTS. saran zonakita kalian belajar iklan ads. karena fans sudah terbentuk dan kalian tinggal setting Fb/IG untuk targetkan para fansnya untuk kalian jadikan target iklan. maka kemungkinan closing akan tinggi.

tapi jika produk kalian seperti jamu, obat diet, makanan, baju dll dimana dipakai langsung dan perlu review orang lain untuk membuat percaya maka iklan organik lebih Zonakita saranin untuk dipelajari.

apakah bisa belajar dari Youtube? bisa aja sih, cuman kalo step-step kalian belajar salah maka hasilnya akan beda. karena youtuber itu golnya adalah adsense mereka tinggi, jadi belum tentu sesuai step-stepnya dalam mengajar.

sedangkan mastah-mastah dalam mengajar yang terpenting adalah step-step dalam belajar,supaya setiap muridnya paham. itulah kenapa guru itu penting dalam setiap ilmu.

semoga sharingnya bermanfaat, sukses selalu ya

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

ZONAKITA