Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Utama Anda Jadi Malas Berhubungan Intim

 Banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda malas berhubungan intim dengan suami, misalnya karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, pernahkah Anda berpikir kalau perasaan Anda juga bisa menjadi penyebab utama Anda jadi malas bercinta dengan pasangan?


Anne R. Davis, MD, MPH, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi, berpendapat bahwa emosi memainkan peran besar dalam libido Anda. “Masalah suasana hati dan pasangan lebih penting daripada perubahan kecil dalam testosteron Anda akibat obat tertentu. Bagi banyak wanita, lebih mudah menyalahkan alat kontrasepsi daripada memeriksa faktor emosional dan hubungan yang rumit yang dapat mempengaruhi dorongan seksual mereka,” jelasnya.


Berbeda dengan pria, yang menurut Dr. Anne mampu memisahkan perasaan pribadi dengan urusan seks, wanita yang  tidak berada dalam situasi yang membuat mereka merasa bergairah, terkadang sangat sulit untuk merasa tertarik pada seks. Misalnya, Anda baru saja selesai membacakan buku cerita pengantar tidur untuk anak-anak 5 menit yang lalu, Anda tidak bisa kemudian langsung merasa bergairah saat bertemu dengan suami dan langsung ingin bercinta. For women, that’s not as simple as that.


Selain lebih sadar dengan perasaan, Sarah L. Berga, MD, seorang profesor dan ketua departemen ginekologi dan kebidanan, juga meminta Anda untuk mengidentifikasi titik perubahan kapan dimulainya perubahan libido dan keinginan seks yang menurun yang dirasakan. "Kadang saya mendapatkan pasien berusia 50 tahun yang datang dan berkata memiliki libido rendah. Saat ditanya sudah berapa lama dan jawabannya adalah 40 tahun, maka kemungkinan besar masalahnya bukan hanya pada perasaan, konsumsi pil KB, atau kelelahan yang disebabkan oleh kurang tidur selama beberapa malam,” ujarnya.


Coba pikirkan dengan seksama, apa sebenarnya yang membuat Anda malas berhubungan seks dengan suami. Dari sana, kenali keadaan apa pun: Apakah pil KB yang membunuh libido saya? Atau apakah itu hanya kelelahan? Atau mungkin karena perubahan motivasi seks?


Saat semuanya sepertinya bukan menjadi penyebabnya, Dr. Anne bilang, coba ingat-ingat apakah Anda hanya “semangat” berhubungan seks saat sedang berlibur atau memiliki waktu santai? Jika iya, berarti mungkin ini menjadi penyebab utamanya. Carilah waktu libur bersama suami agar Anda tidak merasa kelelahan sehingga libido kembali meningkat dan keinginan untuk berhubungan intim bertambah besar.


Cover: Women’s Health

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

ZONAKITA