90 % POLA PIKIR INI, PENYEBAB KEGAGALAN SESEORANG


Halo sobat zona, kali ini kita akan membahas kesalahan pertama dalam pola pikir seseorang pada saat mereka menentukan karir atau bisnis

Yaitu pada saat Seseorang berpikir bahwa kita bisa melakukan apapun asalkan kita mau belajar.

Hal itu itu sangat benar apabila yang dimaksud adalah sekedar "Bisa" melakukan sesuatu. Tapi jika bekerja atau bisnis itu salah besar.

Faktanya tidak demikian, manusia tidak diciptakan untuk bisa melakukan semua hal, karena perbedaan dan terbatasnya kecepatan penyerapan belajar manusia dalam menyerap ilmu.

contoh si A cepat belajar matematika, namun lambat belajar biologi. si B cepat belajar ekonomi tapi lambat di kimia, dll

tapi saat ujian, mendadak dalam semalam mereka bisa mempelajari semua. "tapi sebagian orang ada juga sih yang tetap jelek semua wkwkwk, namun tapi pasti mereka ada keunggulan lain!"

Lalu yang benar sebenarnya gimana?

Dalam jangka pendek manusia bisa melakukan semua hal tapi dalam jangka panjang manusia hanya bisa fokus pada passion dan bakatnya

Tapi banyak pengusaha bilang bisa semua hal kog? Kog Zonakita bilang nggak?

Temen-temen harus jeli ya dalam melihat ini, perhatikanlah semua pengusaha tersebut. Pasti ada titik dimana mereka akan membayar pegawai untuk hal diluar bakat mereka, seperti kasir, marketing, memasak dll, dan mereka hanya fokus pada sesuatu yang jadi bakatnya.

Tantangan bagi merekapun sama, pasti ada titik kesusahan mencari pegawai yang mau kerja dalam waktu lama untuk posisi tertentu. karena manusia tidak bisa cocok untuk semua pekerjaan.

Jadi perhatikanlah hal ini, jangan asal belajar saat menentukan karir dan bisnis. ketahui dahulu apa yang benar benar menjadi potensi dan bakat anda.
 
Kenapa pola pikir ini perlu dibenarkan dahulu? 


gini temen-temen semuanya, saat kalian berfikir bisa melakukan apapun asal mau belajar dan kerja keras. maka  kita akan berhenti menganalisa apa potensi diri kita yang sebenarnya dari setiap tindakan yang kita lakukan, dan kalian akan berfikir asal kerja keras pasti berkembang tanpa analisa.

SANGAT PENTING bagi kita menganalisa dan mengetahui ini, sehingga kita bisa mengambil part paling penting saat menentukan keputusan apa diri kita sebenarnya.
 
efeknya apa jika tidak melakukan analisa?

kita akan terus berada di titik kerja dengan tekanan/stress terus, namun tidak seimbang dengan hasilnya dan diri kita pun tidak berkembang.

WAIT, kita jelasin dulu ya, ada 2 macam stress dalam sebuah pekerjaan/karir
 
1. Stress Tantangan, dan ini baik karena akan membuat orang berkembang.contoh keadaan mentalnya seperti : orang bertanding/ bermain olahraga, ntah itu sepak bola, basket, bulutangkis atau lainnya

perhatikan ya, saat bermain ada tekanan atau stress disana, tapi semua nyenengin, yang lihat juga suka, pemain bahagia, setelah bermain ada kepuasan, dll

stress seperti ini akan membuat bahagia saat menjalaninya dan ada target yang dituju, maka akan menjadi stress/ tekanan yang baik. 

berikutnya

2. Stress Lelah, ini yang buruk karena hanya membuat berkembang sedikit saja. keadaan mentalnya itu seperti orang yang menempuh perjalanan jauh, namun bekalnya adalah batu.

dia akan sampai tujuan yang dituju "entah gaji, kelulusan kuliah, dll" tapi dalam jangka panjang apa yang ditempuh tidak berguna lagi. (itulah ada istilah salah jurusan kuliah, salah kerjaan, salah bisnis, dll).

itulah sebabnya disebut membawa batu, Berat tapi tidak berguna "harusnya bekal uang, makanan dan minuman"

disana sama-sama ada tekanan, tapi tekanannya tidak jelas untuk apa? lelah iya. tapi tidak mengembangkan apapun karena tidak digunakan untuk mengembangkan diri.sehingga hanya menjadi beban tambahan untuk pikiran kita.
 
sekarang kita tanya kepada temen-temen, lelahnya teman-teman membuat diri kalian berkembang tidak potensinya? atau sama saja? jika sama coba review lagi tekanannya itu yang mana!

kita paling terlambat adalah diusia 40 tahun, setelah itu akan sangat-sangat terlambat sekali untuk mengevaluasi ini.




lalu bagaimana cara evaluasinya?

Cara paling mudah adalah dengan bertanya pada diri sendiri hal apa yang ingin anda lakukan, apa yang membuat anda senang dan puas dalam melakukan sesuatu.

Tentu usaha untuk menggali potensi diri tidak bisa jika hanya difikirkan dan dibayangkan, pasti pusing sendiri. Pada akhirnya anda harus melakukan banyak hal dahulu (ikut organisasi, lomba, bisnis, dll), 

Sampai dititik anda menemukan posisi dimana saja anda merasa sangat puas dan ingin melakukannya terus menerus.

Disitulah passion dan bakat anda akan diketahui, yaitu setelah menata semua puzzle dari setiap tindakan/pekerjaan yang anda suka di berbagai kegiatan.

Disinilah kenapa melakukan banyak hal dan sering mengalami kegagalan lalu melakukan evaluasi sangatlah penting dan diperlukan. karena anda akan paham titik potensi anda.

Oke, dari sini jelas ya bagaimana caranya supaya kita tidak terjebak di pola pikir yang salah dalam mengembangkan diri. berhentilah berfikir bisa melakukan apapun, fokuslah pada hal yang benar-benar anda sukai dalam jangka panjang yang menjadi potensi anda

semoga bermanfaat, dan sukses selalu

buat yang ingin konsultasi Klik Disini ya

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

ZONAKITA