Alasan dibalik kegagalan seseorang menentukan Bisnis atau Pekerjaan mereka!



ada salah satu sobat Zona bertanya  Bagaimana caranya menentukan Pekerjaan atau Bisnis yang benar-benar sesuai dengan diri kita?

kita semua sepakat ya bahwa hari ini banyak sekali orang yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan mereka, sehingga akhirnya
  1. sering ganti pekerjaan dan mengulang karir dari awal
  2. baru memulai bisnis sebentar sudah bosan
  3. sudah jadi pegawai tetap, tapi diri tidak bisa berkembang
  4. sudah jadi pegawai tetap, tapi selalu stress dengan pekerjaan
  5. dll
kali ini kita akan fokus tentang cara menentukan pekerjaan yang cocok dahulu ya, next kita akan bahas bagaimana pola cerita kegagalan seseorang jika bekerja di tempat yang salah.

perlu sobat zona ketahui, dalam menentukan pekerjaan kemampuan manusia akan terpecah menjadi 2 bagian. yaitu kemampuan bakat/ potensi alami dan kemampuan pendukung.

kemampuan bakat ini adalah yang nantinya menjadi passion seseorang, apabila mereka bekerja dibidang mereka, akan mudah dipastikan mereka akan bahagia, tidak mudah stress dan selalu bahagia dalam pekerjaannya. sehingga wajib mengetahui ini sebelum menentukan pekerjaan.

kemampuan pendukung adalah kemampuan yang menunjang bakat seseorang, kemampuan ini akan membuat seseorang lebih spesifik dalam menentukan sebuah pekerjaan. 

Contohnya: orang dengan kemampuan bakat bicara/ Komunikasi
kita tahu dunia komunikasi itu sangat luas sekali, hampir setiap lini pekerjaan ada bidang ini, lalu apakah orang yang punya kemampuan komunikasi bisa bekerja disemua bidang pekerjaan asalkan berhubungan dengan komunikasi?

jawabannya TIDAK
disinilah pentingnya kemampuan pendukung

perlu dicatat ya, kemampuan pendukung ini pada dasarnya adalah ilmu skill, dan tiap orang beda-beda penyerapan ilmu skillnya. jadi anda perlu mengetahui juga ilmu skill apa yang sangat mudah anda pelajari dan itu nanti menjadi kemampuan pendukung andalan anda.

setiap orang bisa mempelajari beberapa kemampuan pendukung, tapi tidak perlu banyak-banyak.cukup 1-6 saja tergantung kemampuan, lebih dari itu ilmu skillnya malah tidak dipakai nantinya. yang terpenting bukan banyaknya ilmu, tapi seberapa banyak kalian kontribusi dengan ilmu itu.

oke, kembali ke contoh awal
Bakat utama adalah komunikasi, lalu dia punya kemampuan pendukung sepak bola
maka dia bisa menjadi komentator sepak bola, yang berbicara sepanjang permainan bola

jika kemampuan pendukunganya makanan
dia bisa pembawa acara/ reviewer makanan

jika kemampuan pendukungnya ghibah
dia bisa menjadi pembawa acara  gosip >_< hahaha

Contoh lain
Bakat utama adalah Tegas dalam Pengambilan Keputusan :
jika karakter pendukungnya terkait Makanan
dia bisa menjadi juri makanan

jika karakter pendukungnya berbisnis
dia bisa menjadi Leader dalam sebuah perusahaan

Contoh lain lagi
Bakat utama adalah Berdagang :
dan kemampuan pendukungnya adalah karakter detail
dia bisa berjualan produk fashion atau toko retail dimana banyak hal kecil yang harus diperhatikan

jika kemampuan pendukungnya Komunikasi
dia bisa jadi makelar MLM, karena tidak perlu fokus kualitas produk "ada tim lain yang memikirkan" dan kalian tinggal banyak ngobrol dengan orang yang akan diprospek

jika pendukungnya Ketegasan
kalian bisa berjualan jasa keamanan kepada klien kalian, karena kalian akan terlihat berwibawa dan kepercayaan klien tinggi terhadap anda, dll.

jadi intinya bakat bertujuan untuk menentukan dunia apa yang ingin kalian ambil dan kemampuan pendukung bertujuan untuk menentukan part apa yang akan kalian ambil di dunia itu.

semua orang sukses di dunia ini pernah berada di titik harus melalui kegagalan demi kegagalan yang membuat mereka semakin menyesuaikan diri untuk mengambil posisi yang tepat dan paling unggul. sehingga hidupnya bisa balance antara pekerjaan, keluarga, ibadah dll

namun jika tidak sesuai, mungkin mereka bisa sukses dalam pekerjaan, tapi tingkat stressnya akan sangat tinggi, dan akhirnya apabila stress ini dibawa pulang setiap hari, endingnya bisa keluarganya berantakan, perceraian, anak terabaikan dll "detail akan ada materi sendiri"

so, apa bakat dan kemampuan pendukungmu?
dari lahir sampai masuk dunia kerja, ada waktu kurang lebih 20 tahun untuk mengetahuinya, jadi manfaatkanlah

sukses selalu yaa

jika ingin konsultasi bisa klik disini

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

ZONAKITA