ZONAKITA

zonakita bertujuan untuk menyiapkan generasi baru pemimpin bangsa dan kami berusaha untuk mendukung mereka sepenuh hati untuk bergerak lebih maju

Rahasia dibalik usia 40 tahun


Banyak sekali nasehat yang muncul dari para orang bijak, pemuka agama, dan para nenek moyang mengenai usia 40 tahun pada setiap orang. Hal ini seakan-akan menjadi patokan pada setiap orang untuk kehidupannya.
Dalam buku misteri 40 tahun  “Misteri Umur 40 tahun” karya Ibna al-Arba’in.
Imam masruq pernah ditanya, “Ya Imam Masruq, Kapankah seseorang diazab akibat perbuatannya di masa lalu?
Imam Masruq menjawab ,’’Waspadalah ketika kalian telah mencapai usia 40 tahun

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menyebut periode kanak-kanak itu mulai lahir hingga baligh, muda mulai dari usia baligh sampai 40 tahun, dewasa usia 40 tahun sampai 60 tahun, dan usia tua dari 60-70 tahun
Sebenarnya apa yang terjadi pada seseorang pada usia 40 tahun, kenapa harus waspada? Dan apa yang harus disiapkan sebelum usia 40 tahun?
Banyak orang bijak berkata: “hidupmu baru akan dimulai diusia 40 tahun”
Disisi lain, jika teman-teman melihat di dunia pekerjaan, banyak posisi-posisi pekerjaan yang untuk melamar posisi tersebut terdapat usia maksimal 23,25 atau 27 yang paling tua. Terutama apabila posisi-posisi pekerjaan tersebut bersifat strategis dalam perusahaan tersebut, seperti ODP dalam perbankan, MT, SDP, SMT, dll untuk perusahaan swasta dan BUMN. Sebenarnya apa yang dicari oleh perusahaan tersebut, kenapa memberi batasan yang begitu muda padahal kemungkinan besar diusia tersebut banyak yang belum memiliki pengalaman dalam menanggung pekerjaan.
Lalu apa hubungan keduanya?
Kali ini kita akan membahasnya dari sisi psikologi, semoga ilmu ini memberi keberkahan untuk kita semua
Jika kita mau menengok ke sejarah, maka kita akan menemukan banyak fakta
1.    Para pemimpin besar rata-rata di usia 40 tahun
2.    Para Nabi dan Rasul, semuanya diangkat di usia minimal 40 tahun
3.    Setiap pemimpin dibawah 40 tahun, maka dia akan dianggap masih muda, dan mereka tetap akan dibawah pengawasan pemimpin yang lebih kuat yang berada diatas 40 tahun
Apa sebenarnya penyebabnya? Kenapa harus diusia tersebut?

Kita akan menjawabnya dari sisi dunia kerja dahulu, dimulai dari titik awal memulai dunia menuju kedewasaan sebenarnya.
Mulai dari test melamar kerja ya, secara umum test pekerjaan ada 2 macam, yaitu test tulis dan interview. Test tulis dirangkai dengan sedemikian rupa sehingga apapun keadaan anda waktu itu yang muncul adalah diri anda yang sebenarnya. Dari test inilah para HRD akan megetahuin potensi anda sebenarnya. 
Lalu test interview. Kenapa ini harus tetap ada, walaupun dengan test tulis sudah dilakukan? Hal ini bertujuan untuk memastikan, apakah anda sudah mengenal diri anda sendiri atau belum. Walaupun potensi pelamar sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, apabila tidak sesuai maka tetap tidak akan diterima.
Kenapa tidak diberi tahu saja? Lalu biarkan dia belajar sambal bekerja dan menjadi lebih baik?
Tidak semudah itu membuat orang mengenal dirinya sendiri dan menyesuaikan dengan potensinya. Contoh simplenya seperti cerita ini, ada sebuah mobil Sport dan mobil Pick up. Sebelum mengetahui fungsi/ potensinya mobil sport digunakan untuk angkut-angkut barang seperti mobil pick up dan dia melakukan tugas itu selama beberapa tahun. Sampai akhirnya mobil sport ini bertemu dengan seorang teknisi dan memberi tahu dia kalau dia seharusnya tidak bekerja sebagai mobil pick up, dia punya potensi sebagai mobil sport dan bertarung di ajang balap.
Pertanyaannya: apakah mobil sport itu bisa langsung ikut bermain di ajang tanding?
Jawabnya tidak, karena banyak yang perlu diperbaiki. Karena pasti ada mesin yang usang, body yang rusak karena digunakan angkut-angkut, oli yang tidak sesuai untuk balapan karena sebelumnya pakai oli biasa, ban yang salah karena memakai ban jalanan biasa dll
semua itu butuh waktu yang tidak sedikit untuk mempebaikinya, dan manusia pun juga mengalami hal itu jika tidak di posisi potensinya dalam waktu yang lama, banyak yang harus diperbaiki dan para HRD yang melakukan test tidak punya banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dan tidak dibayar untuk itu. HRD cukup fokus pada orang yang sudah mengenal dirinya sendiri dan potensinya. Kemudian HRD tersebut tinggal menyediakan panggung bertanding di pekerjaan mereka dan perusahaan segera mendapatkan profit.
lalu apa yang terjadi di usia 40 tahun? Kenapa harus waspada?
Usia ini adalah batas manusia untuk mudah memperbaiki potensinya, diatas usia itu manusia cenderung sulit berubah. Apabila dia mengenal dirinya dan berada di zona potensinya dan mengoptimalkannya maka dia akan menjadi orang yang memiliki jiwa kepemimpinan, religius, bijaksana dan komitmen yang baik, namun bila kebalikannya, maka orang ini akan menjadi orang yang kaku dan keras sekali untuk diperbaiki. Dan bahkan dalam dunia keluarga, karir dan bisnis banyak yang cenderung tidak mengenakan.
oleh karena itulah sangat penting bagi seseorang untuk mengenal dirinya sendiri, baik itu kelebihan yang menjadi potensinya maupun kelemahannya.



Ada pertanyaan:
Apa yang harus dilakukan apabila sudah mengetahui kelebihan dan potensinya?
Yang dilakukan adalah mempelajari keilmuan yang berhubungan dengan potensinya, mengembangkannya dan menerapkannya untuk bisnis, bekerja, bakti sosial atau lainnya sehingga bermanfaat bagi orang lain.
Lalu bagaimana dengan kelemahannya?
Untuk kelemahan sendiri ada 2 macam, kelemahan yang bisa diperbaiki dan tidak bisa diperbaiki silahkan baca disini ya. 
Bagaimana sifat yang bijak menyikapi Kelebihan dan kelemahan kita?
Fokus pada kelebihan yang bisa kendalikan, dan memperbaiki kelemahan yang bisa kita perbaiki, kemudian berkontribusi pada kehidupan dengan itu adalah pilihan terbaik. Sehingga kita bisa optimal dalam kehidupan kita.

semoga teman-teman yang membaca artikel ini, mendapatkan karunia yang berlimpah dan diusia 40 tahun mencapai puncak kehidupannya. Aaamiiin.

oleh karena itu, mari kita mulai semuanya dari sekarang. jangan sampai menunda-nunda memperbaiki diri, karena sifat menunda-nunda itu juga akan menjadi rekaman diri anda di usia 40 tahun.
Semoga bermanfaat artikelnya
Show Comments

Popular Post