PENGERTIAN PSIKOLOGI, APA SAJA YANG DIPELAJARI, DAN MANFAATNYA

Kita mungkin sering mendengar tentang psikologi, namun banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa itu Pengertian Psikologi? Pengertian psikologi ini sebenarnya cukup sederhana. Karena saat ini psikologi dianggap sebagai ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia.
Namun selain pengertian psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia, psikologi juga memiliki pengertian lain. Simak beberapa penjelasan mengenai apa itu psikologi di bawah ini.

Pengertian Psikologi

Psikologi sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu “psyche” dan “logos”. Psyche berarti jiwa, sedangkan logos berarti pengetahuan. Berarti pengertian psikologi secara adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan.
Namun demikian, pengertian psikologi ini sudah banyak bergeser karena saat ini. Pengertian Psikologi lebih banyak mempelajari tentang perilaku manusia.

Pengertian Psikologi  Menurut Para Psikolog

Berikut pengertian Psikologi menurut Para Psikolog Ahli Psikologi:
  1. Pengertian Psikologi oleh Plato dan Aristoteles,Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
  2. Wilhem Wundt, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia. Seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.
  3. Woodworth dan Marquis, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia. Aktivitas yang ada dalam hubungannya dengan alam sekitar.
  4. Knight and Knight, Psikologi adalah ilmu yang  mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau social.
  5. Dr. Singgih Dirgagunarsa, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
  6. John Broadus Watson, Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah). Dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon).
  7. Hilgert, Psikologi adalah  mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.
  8. Clifford T Morgan, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.
  9. Garden Murphy, Psikologi adalah Ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.
  10. George Berkeley, Psikologi adalah ilmu tentang penginderaan (persepsi).
  11. Ruch, Psikologi kadang-kadang didefinisikan sebagai studi tentang manusia. Namun definisi ini terlalu umum. Yang benar adalah bahwa psikologi adalah sebagian ilmu biologi dan sebagian merupakan ilmu sosial. Saling tumpang tindih dengan dua bidang utama dan menghubungkan keduanya.
  12. Mussen dan Rosenzwieg, Pada masa lampau psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  “mind” (pikiran) atau the study of mind. Tapi dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi “behavior” (tingkah laku). Sehingga psikologi  didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
  13. Munn dan Fernald, Psikologi didefinisikan sebagai ilmu perilaku manusia. Penyelidikannya tidak terbatas pada manusia dan terkadang melampaui perilaku yang dapat diamati.
  14. Moskowitz dan Orgel, Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan empirik yang berdasarkan atas observasi dan penelitian eksperimental. Pokok persoalannya adalah tentang tingkah laku manusia.
  15. Rene Descartes, Ilmu pengetahuan mengenai gejala pemikiran atau gejala kesadaran manusia, terlepas dari badannya.
  16. Jhon LockePsikologi, adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia. Diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat indranya.
  17. Richard Mayer, Psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
  18. Crow & Crow, Psikologi ialah tingkah laku manusia. Yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya. Baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia. Seperti hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
  19. Bruno, Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu:
    • Psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “roh”.
    • Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”.
    • Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

Apa Saja yang Dipelajari Di dalam Ilmu Pengertian Psikologi?

Jawabannya adalah sangat banyak dan juga luas.
Apabila kita melihat dari pandangan ilmu psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku. Semua perilaku yang ditunjukkan oleh manusia adalah ruang lingkup yang bisa dipelajari. Serta dapat dijelaskan oleh ilmu psikologi.
Misalnya saja, mengapa seseorang menjadi mudah marah, atau mengapa ada orang yang senang berbohong dan berbuat jahat. Kedua hal tersebut bisa dijelaskan menggunakan ilmu psikologi.
Jadi, apabila anda ingin mempelajari mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu. Maka psikologi adalah salah satu ilmu yang tepat untuk menjelaskannya.
Selain mempelajari tentang perilaku manusia, psikologi juga mempelajari segala hal yang berhubungan dengan manusia.
Pada dasarnya, segala macam kegiatan atau aktivitas yang melibatkan manusia di dalamnya adalah ruang lingkup dari ilmu psikologi. Karena itulah hingga saat ini muncul berbagai disiplin ilmu terapan dari psikologi. Seperti misalnya :
  • Psikologi forensik
  • Psikologi kriminal
  • Psikologi sosial
  • Psikologi agama/spiritual
  • Parapsikologi
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Mempelajari Pengertian Psikologi

Secara umum ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mempelajari ilmu psikologi.
Berikut ini adalah beberapa manfaat mempelajari perilaku psikologi:
  1. Memahami penyebab dari perilaku yang muncul pada diri sendiri ataupun orang lainDengan mempelajari psikologi, kita bisa memahami mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu. Psikologi memaparkan banyak sekali teori psikologi. Teori yang menjelaskan mengapa seseorang bisa memunculkan perilaku tertentu.
  2. Pengertian Psikologi dengan Memahami diri sendiri Hal penting lainnya yang bisa didapat dengan mempelajari psikologi adalah memahami diri sendiri. Tentu saja hal ini bisa anda rasakan setelah anda mempelajari psikologi. Anda bisa menjadi lebih paham mengenai kepribadian anda dan watak anda. Mungkin juga  memahami masalah psikologis apa yang kira-kira muncul pada diri anda.
  3. Dapat membantu orang lainDengan mempelajari psikologi, meskipun tidak menjadi seorang psikolog pun anda tetap bisa membantu orang lain. Minimal ketika anda mengetahui sedikit teori-teori psikologi. Kita bisa melihat permasalahan orang lain dari sudut pandang yang berbeda. Hal itu akan membantu mereka menghadapi masalah tersebut.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

ZONAKITA